Monday, December 10, 2012

Manfaat Mengkudu

Mengkudu juga biasa disebut dengan pace atau noni. Tanaman ini sudah tergolong sebagai herbal terstandar. Herbal ini dikenal mempunyai berbagai manfaat, mulai dari membersihkan rambut, sebagai zat pewarna sampai mengobati berbagai penyakit. Sehingga wajar jika mengkudu dikatakan sebagai herbal multikhasiat. Bagian tanaman yang digunakan untuk herbal adalah buah, daun dan akarnya. Wajar jika menyebutkan manfaat mengkudu sangat besar untuk kesehatan manusia.

Secara empiris manfaat mengkudu adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, analgesik (menghilangkan rasa sakit), menormalkan tekanan darah tinggi, mengobati kanker, tumor, diabetes, beri-beri, asma, demam, gangguan saluran pernafasan, arthritis, disentri, obesitas. Mengkudu memiliki banyak manfaat karena memang mengkudu banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat untuk mengobati bermacam-macam penyakit.

Mengkudu
Mengkudu dapat dikatakan sebagai antikanker. Hal ini dikarenakan buah mengkudu memiliki aktivitas adaptogen yakni merangsang sistem imun yang melibatkan makrofag atau limfosit. Sehigga fungsi sel yang abnormal dikembalikan menjadi normal. Senyawa antikanker yang terkandung dalam mengkudu adalah damnachantal. Selain sebagai antikanker damnachantal juga berfungsi sebagai antiseptik dan antibakteri. Selain itu manfaat mengkudu yang lain yaitu juga bersifat antiangiogenesis, yakni menghambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker.

Mengkudu juga kaya akan xeronine dan pro-xeronine. Pro-xeronine merupakan bahan baku utama untuk membentuk xeronine. Xeronine inilah yang berfungsi sebagai regulator gula darah dan membantu kerja insulin. Dengan dasar inilah manfaat mengkudu bisa juga digunakan sebagai obat diabetes.

Scopoletin dalam mengkudu bermanfaat sebagai analgesik (penghilang rasa sakit), memperlebar pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, antialergi, antiradang dan antidiabetes. Inilah yang membuat peranan dan manfaat mengkudu begitu besar untuk kesehatan manusia.

Zat antibakteri yang dimiliki mengkudu antara lain : antrakuinon, L-asperuloside, alizarin dan acubin. Zat tersebut mampu membunuh bakteri penyebab infeksi seperti Staphylococcus aureus Shigella, Proteus morganii, Pseudomonas aeruginosa, Bacillus subtilis, Escherichia coli dan Salmonella. Manfaat mengkudu sebagai antibakteri ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit TB paru.

Senyawa lain dalam manfaat mengkudu adalah morindin dan morindon yang bermanfaat sebagai antibakteri dan zat pewarna, sedangkan karotin bermanfaat untuk sumber vitamin A.

Begitu banyaknya manfaat mengkudu sehingga mengkudu baik untuk dikonsumsi secara rutin, baik untuk pencegahan maupun untuk pengobatan. Namun karena baunya yang menyengat, sehingga banyak orang yang tidak suka untuk mengkonsumsinya. Kini kita tak perlu khawatir, dengan berkembangnya ilmu dan teknologi, kini banyak mengkudu yang sudah diolah dalam bentuk kapsul mengkudu atau sirup. Sehingga akan lebih mudah untuk dikonsumsi.

Penelitian Mengkudu

Mengkudu mengandungi bahan “xeronine“. Perintis kajian mengkudu selama 45 tahun, Dr. Ralph M. Heninicke, Ahli Biokimia dari University of Hawaii, Amerika Serikat menemukan kompoun alkoloid “proxeronine” dalam buah mengkudu secara tidak sengaja ketika mengkaji enzime “bromelin” dalam buah nanas. Kandungan “proxeronine” dalam buah mengkudu adalah 800 kali dibanding yang terdapat dalam buah nanas.

Mengkudu mengandungi zat pencetus “xeronine” yang dipanggil sebagai “proxeronine” di samping terdapat enzim yang membantu “proxeronine” membentuk “xeronine”.

Kegunaan xeronine :

* Salah satu bahan penting bagi memacu pertumbuhan jaringan dalam tubuh badan manusia yang merupakan hasil interaksi bahan kimia antara proxeronine dan proxeronase.
* Interaksi dua bahan kimia proxeronine dan proxeronase bisa membantu membesarkan saluran pada usus kecil – sekaligus mempercepatkan penyerapan bahan nutrien ke dalam sistem pencernaan.
* Berfungsi untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan ketahanan protein tubuh yang merupakan bahan awet muda.
* Mengkudu juga kaya dengan bahan antioksidan, yaitu bahan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Biasanya buah mengkudu dipetik dan diperam di atas garam, atau di dalam beras. Bila telah masak dapat dimakan layaknya buah lainnya. Bahkan buah mengkudu dapat dicampur dengan gula untuk dimakan.
* Daun muda mengkudu dapat digunakan sebagai sayuran atau dimakan bersama dengan nasi. Kulitnya berguna untuk mengobati penyakit Malaria. Bunga mengkudu dapat digunakan untuk merawat penyakit mata. Akar mengkudu berguna untuk merawat hidung tersumbat dan pendarahan otak.

Manfaat Mengkudu

Beberapa manfaat dari tanaman obat mengkudu:
1. Melegakan penyakit sinus, asma, bronkitis dan ingus meleleh.
2. Meredakan perut kembung, gastritis, mencret, muntah-muntah, masalah keracunan makanan.
3. Menurunkan tekanan darah tinggi dan merendahkan kolesterol.
4. Meredakan kencing manis, sakit kepala, migraine, sakit ginjal.
5. Meredakan radang tenggorokan, sakit gusi, sakit gigi dan batuk. Ini mirip dengan jeruk nipis.
6. Meredakan bisul, luka.
7. Meredakan penyakit darah tinggi, betis kering bersisik, mengurangi penyakit batuk, penyakit kuning dan demam panas.
8. Bagi wanita yang baru melahirkan, daun mengkudu dapat digunakan untuk mengecilkan rahim. Caranya dengan membalut daun mengkudu itu dengan kain dan dipanaskan.

Pada poin yang terakhir inilah mengapa kandungan buah mengkudu digunakan untuk obat awet muda. Dapat pula dikombinasikan dengan khasiat pisang untuk mengontrol diet setelah melahirkan.


No comments:

Post a Comment