Friday, November 23, 2012

Jus Apel

Apel dianggap sebagai salah satu buah yang paling sehat karena mampu mengendalikan kolesterol, kadar gula darah dan membantu pencernaan. Bahkan sebutir apel bisa berfungsi sebagai “sikat gigi alami”. Mengunyah sebutir apel dianggap sama dengan menggunakan sikat gigi alami. Penelitian menunjukkan bahwa apel mampu membersihkan makanan yang tersembunyi di belakang gigi dan gusi sehingga menghalangi karies gigi dan penyakit gusi. Penderita penyakit gusi yang serius akan memperoleh manfaat dari tingginya kandungan Vitamin C yang terdapat dalam sebutir apel.

Jus Apel mengandung vitamin dan gizi yang tinggi. Satu gelas jus apel mengandung 22mg fosfor, 15mg kalsium, 15mg zat besi, 250mg potasium, 15mg sodium, sedikit Vitamin B kompleks, 2mg Vitamin C, dan 20 I.U. Vitamin A per 100 gram jus apel.

Manfaat jus apel antara lain :
1. Untuk mengendalikan dan mestabilkan berat badan
2. Untuk membantu melawan proses penuan
3. Untuk melawan radang sendi
4. Untuk menurunkan kolesterol
5. Untuk menurunkan tekanan darah
6. Untuk meningkatkan HDL
7. Untuk menstabilkan gula darah
8. Sebagai Agen anti kanker
9. Untuk obat penyakit jantung

Cara memilih apel untuk jus adalah dengan mencari buah apel yang masih keras, warnanya cerah dan segar dan tidak memar.

Jus buah memang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, namun ada saatnya jika jus buah tersebut jangan di konsumsi karena ada dan berbagai hal. Seperti riset yang dilakukan para ahli farmasi di Kanada menyatakan bahwa jus grapefruit (jeruk merah), jus orange dan apel terbukti dapat mengganggu kemampuan tubuh menyerap obat-obat tertentu dan mengurangi efektivitas terapi. Membuktikan bahwa jus buah mempunyai efek yang buruk bagi penderita penyakit jantung.
Berdasarkan hasil riset dan penelitian tersebut , jus buah dapat mengurangi kualitas dan manfaat obat-obat yang digunakan untuk penyakit jantung, penyakit kanker, transplantasi organ dan potensial mengurangi bahkan menghilangkan efek khasiat obat tersebut.
Sebuah penelitian di Kanada yang dipimpin oleh Professor David Bailey membuktikan bahwa jus buah jeruk, apel dan jeruk bali (grapefruit. red) dapat membuat kemampuan tubuh untuk menyerap obat-obatan yang masuk berkurang. Terutama pengobatan bagi penyakit jantung, kanker dan transplantasi organ.

Profesor farmakologi klinis dari University of Western Ontario yang memimpin riset ini, adalah orang pertama yang mengidentifikasi potensi jus grapefruit meningkatkan absorpsi obat-obat tertentu serta meneliti kemungkinan mengubah dosis normal menjadi dosis berlebihan!

Cara riset ini dilakukan adalah seseorang menenggak obat-obatan yang mengandung zat fexofenadine, yakni sebuah zat antihistamine yang biasa digunakan untuk menyembuhkan alergi dengan jus buah, dan yang lain menenggak obat dengan air seperti biasa.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menenggak obat dengan jus hanya dapat menyerap setengah dari fexofenadine dibandingkan orang yang menenggak obat dengan air biasa. Obat lain yang ikut terpengaruh dengan konsumsi jus tersebut adalah obat bagi penyakit jantung, obat untuk menstabilkan peredaran darah, serta beberapa antibiotik.
Selanjutnya Professor David menyarankan bagi seorang yang tengah mengkonsumsi obat-obatan, ada baiknya konsultasi ke dokter sebelum meminum obat-obatan dengan jus dan jika masih ragu dengan khasiatnya tetap gunakan air putih untuk mengkonsumsi obat.

Kini hadir Vitanosteen Miracle Juice dengan kandungan buah Apel yang berkhasiat untuk kesehatan.

No comments:

Post a Comment